'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
COMMUNITY TB-HIV CARE AISYIYAH KAB. MAROS BERBAGI INFORMASI TENTANG TB-HIV BERSAMA JAMAAH PENGAJIAN SUBUH PESANTREN DARUL ISTIQAMAH MACCOPA - MAROS
03 April 2017 10:56 WIB | dibaca 432

Bertempat di Masjid Jami Pesantren Darul Istiqamah Maccopa – Maros pada hari ahad 2 April 2017 setelah sholat subuh diadakan pengajian warga pesantren termasuk santri putra dan putri, mahasiswa, pembina dan warga pesantren, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab. Maros mendapat kehormatan diberi waktu dan kesempatan untuk sharing informasi mengenai TB-HIV kepada audience.

Kepala SSR Aisyiyah Kab. Maros Andi Masnah Azis, SKM yang juga sebagai sekretaris di Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab. Maros berbagi informasi mengenai TB  atau Tuberculosis seperti pengertian TB, tanda – tanda atau gejala – gejala TB, tindak lanjut yang dilakukan jika menemukan suspek/terduga TB, menatalaksanaan suspek yang positif TB, pengobatan TB, pencegahan TB dengan pendekatan perbaikan perilaku, gizi dan sanitasi rumah.

Selain tentang TB, juga dijelaskan sedikit mengenai HIV yang menjadi ikutan pada TB dimana dari 10 penderita TB maka 3 diantaranya positif HIV oleh karena itu diharapkan agar masyarakat utamanya di lingkungan Pesantren Darul Istiqamah peduli dan memperhatikan hal ini jika ada keluarga, tetangga atau jamaah bahkan diri sendiri ada tanda-tanda TB untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk diperiksa dahaknya jika ternyata positif maka sebaiknya dilanjutkan dengan skrining HIV di RS terdekat.

Kesempatan ini dimanfaatkan pula untuk tanya jawab dan peserta begitu antusias menyampaikan pertanyaan antara lain hubungan antara TB dan TBC (Tahyul, Bida’ah dan Khurafat) dimana ada stigma di masyarakat yang menganggap bahwa TB adalah penyakit keturunan bahkan ada yang menganggap sebagai guna – guna dan inilah yang perlu di berantas sampai ke akar-akarnya karena merupakan pendangkalan aqidah jadi TB merusak kesehatan sedangkan TBC (Tahyul, Bida’ah dan Khurafat) merusak akidah dan menjadi tanggunga jawab pesantren darul istiqamah sebagai kota ilmu dan peradaban untuk bersama dengan Aisyiyah membantu pemerintah mewujudkan masyarakat bebas TB.

Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga pesantren yang termasuk kelompok padat penghuni menjadi memahami tentang TB apalagi sudah ada tokoh agama dari pesantren yang telah dilatih sebagai kader TB, dan di Pimpinan Daerah Aisyiyah sendiri yang merintis program Community TB-HIV Care Aisyiyah ini adalah kader terbaik dari pesantren Darul Istiqamah yang mewakafkan hidupnya hingga akhir hayatnya di Muhammadiyah beliau adalah Hj. Nurhayati, S.Pd.I almarhumah semoga ini menjadi amal jariyah beliau...aamiin.

(AMA)

Shared Post: