'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Meeting Coordination Lingkup Dinkes dan CSO Community TB HIV Care Aisyiyah Maros
30 Agustus 2017 19:30 WIB | dibaca 401

SSR Aisyiyah Kab. Maros Bersama Dinas Kesehatan dan CSO Duduk Bersama Membincang Soal Percepatan Eliminasi TB-HIV Di Kab. Maros. Bertempat di hotel transit maros pd hari selasa, 29 agustus 2017 pimpinan daerah Aisyiyah kab. Maros Hj. Nurhayati Hamid membuka acara "meeting coordination lingkup Dinkes & CSO" yg diselenggarakan oleh SSR Community TB-HIV Care Aisyiyah kab. Maros yg dihadiri pula oleh KPAD dan PPNI yg menjadi mitra Aisyiyah dalam program pemberantasan TB-HIV di kab. Maros.

Hadir pula wasor TB dan wasor HIV, kasie promkes dan kasie P2M Dinkes Maros yang menyatakan dukungan penuh terhadap program Aisyiyah ini yang dimotori oleh Muhammad Hakil, S.Pd sbg koordinator program.

Selain itu petugas TB dan petugas laboratorium dari 9 puskesmas turut hadir dan menyampaikan kendala-kendala di lapangan serta langkah konkrit yang perlu dilakukan bersama agar program ini berjalan dengan baik. Andi Masnah Azis, SKM sebagai kepala SSR Aisyiyah ini menjelaskan bahwa ada 48 kader TB-HIV care Aisyiyah yg telah di latih dan mereka menjalin bekerjasama dengan petugas TB dan petugas Lab yg ada di puskesmas sehingga melalui pertemuan ini diharapkan dapat menjadi media untuk mempererat hubungan baik antar Aisyiyah, Dinkes dan CSO pendukung lainnya.

Karena eliminasi TB-HIV bukan hanya menjadi tugas dinas kesehatan tetapi melibatkan semua pihak termasuk di dalamnya Aisyiyah yang merupakan organisasi perempuan islam yang peduli dengan kesehatan terbukti dengan adanya majelis kesehatan yang dalam hal ini mendapat amanah untuk menjadi mitra Global Fund dalam memberantas TB-HIV di Indonesia.

Pertemuan berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan sehingga tercapailah kesepakatan bahwa kader TB-HIV care Aisyiyah yang tersebar di 14 kecamatan di kab. Maros dalam kegiatannya menemukan suspek (terduga) TB senantiasa berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pengelola TB dan petugas lab yg ada di Puskesmas agar tidak terjadi misscommunication antara kedua belah pihak sehingga tujuan dari program Aisyiyah dan program Dinas Kesehatan dalam hal memberantas penyakit TB ini dapat terlaksana dengan baik. Di akhir acara dari SSR Aisyiyah kab. Maros memberikan lembar balik kepada pengelola TB di Puskesmas sebagai alat bantu dalam kegiatan promotif dan preventif sebagai media penyuluhan di masyarakat agar bersinergi dengan kegiatan penyuluhan yg jg dilaksanakan oleh kader TB Aisyiyah.

Shared Post: